You are currently viewing Mengapa pompa centripugal running dengan kondisi ampere motor yang tinggi?

Mengapa pompa centripugal running dengan kondisi ampere motor yang tinggi?

Kasus terjadinya ampere tinggi pada unit motor ketika pompa dirunning sering dikeluhkan oleh pihak user dan menyatakan bahwa ada masalah dengan unit pompa, tanpa melalui proses investigasi ataupun analisa trouble shooting yang benar. Padahal ketika motor mengalami ampere yang tinggi penyebabnya belum tentu karena disebabkan kondisi unit pompa.

Dalam kasus ampere motor tinggi, maka root cause dari masalah ini bisa disebabkan beberapa hal atau salah satu dari kondisi berikut ini:

–          – Unit pompa bermasalah

–          – Unit motor bermasalah

–          – Tegangan listrik rendah.

–          – Back pressure dari outlet pipa (head system) lebih rendah dari head pompa yang disebutkan pada Purchase Order (PO), sehingga unit pompa mengeluarkan kapasitas yang lebih besar dari kapasitas (Q) yang diminta pada spesifikasi. Kondisi ini akan menyebabkan peningkatan power ataupun ampere pada motor. Palm Kernel Shell Indonesia

–          – Density atau viscosity fluida yang dipompakan lebih tinggi dari yang disebutkan pada Purchase Order.

–          – Speed terlalu tinggi.

Ada beberapa tahapan pengecekan atau prosedur untuk mendapatkan akar masalah dari kasus ampere tinggi pada motor. Diharapkan teknisi anda sudah memahami cara membaca curva peforma pompa centripugal sebelum melakukan prosedur tersebut. Juga pressure gauge harus diletakkan diantara outlet pompa dan discharge valve.

Silakan lihat dan ikuti prosedur sesuai diagram kami untuk mencari akar masalah dan penyelesaian pada kasus terjadinya ampere tinggi pada operasional pompa centripugal.

PT. VICTORINDO PRATAMA MANDIRI
Jl. P. Bunaken No. A3
Medan III Industrial Estate (KIM-3)
Medan, North Sumatra – Indonesia
20242