You are currently viewing Victorindo Resmi Launching Pompa Aquaflow, Pompa Terbaik Untuk Aplikasi Pabrik Kelapa Sawit

Victorindo Resmi Launching Pompa Aquaflow, Pompa Terbaik Untuk Aplikasi Pabrik Kelapa Sawit

Presiden Joko Widodo menyampaikan minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) yang dimiliki Indonesia mencapai 52 juta ton per tahunnya sehingga harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Melihat dan mempertimbangkan potensi itu, PT. Victorindo Pratama Mandiri yang bergerak di bidang produksi dan supplier  pompa dan valve resmi meluncurkan pompa produksi dalam negeri yang diberi merek Aqua Flow untuk memenuhi kebutuhan industri kelapa sawit.

Dirut PT Victorindo Pratama Mandiri Kunaefi Siswady, ST menjelaskan Aquaflow merupakan sebuah gebrakan baru sesuai dengan amanat Presiden Joko Widodo Jokowi tentang Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) yang menginginkan optimalisasi komponen bahan baku lokal dalam pembuatan sebuah produk.

Secara kualitas, Aquaflow disebutkan memiliki mutu yang lebih baik daripada kompetitornya berdasarkan tes kinerja di PT KSB Indonesia. “Pompa ini sudah mengantongi sertifikasi ISO 7005-2 1988E PN16 ini, sangat mumpuni untuk menangani proses produksi yang membutuhkan operasional tinggi, ” tutur Dirut PT Victorindo Pratama Mandiri Kunaefi Siswady, ST, Kamis (18/11/2021).

Ia juga menyampaikan latar belakang lahirnya Aquaflow, pada tahun 2004 Victorindo sebagai agen KSB, lalu pada tahun 2009 Victorindo Pratama Mandiri sebagai agen eksklusif untuk Aquaflow dimana aplikasinya di pabrik kelapa sawit.

Lanjutnya, sekitar tahun 2017 VPM mendapat tawaran dan sudah mulai membicarakannya dan pada Agustus sudah deal, per tahun 2020 pattern sudah dialihkan bulan Juni dan mulai persiapan produksi. “Dan kabar baiknya Juni 2021, kita sudah testing 2 unit di Cibitung, dan 6 unit pada Oktober lalu,” imbuhnya.

“Dan kabar baiknya Juni 2021, kita sudah testing 2 unit di Cibitung, dan 6 unit pada Oktober lalu,” imbuhnya. Oleh karena itu, Aquaflow sudah sangat teruji untuk aplikasi yang heavy duty, jadi untuk kegiatan fixed cost tinggi, pompa ini sangat dianjurkan.

Keunggulannya punya doubel bearing di kedua sisi dan dirancang dengan komponen-komponen yang sangat mendukung agar tahan terhadap sifat korosif dan abrasif. Secara mechanical seal, Aquaflow dirancang menggunakan silikon viton, setingkat lebih baik dibandingkan kompetitornya yang hanya menggunakan bahan carbon ceramic. Dengan sistem low speed requirement desain, getaran mesin saat dioperasikan berkurang drastis meski melakukan kegiatan produksi yang berat.

“Kami sudah memberikan solusi dengan menjadi pompa terbaik untuk aplikasi pabrik kelapa sawit di indonesia. Apalagi sekarang industri palm oil sangat bagus untuk menunjang segala aspek kebutuhan di Indonesia,”

“Jadi dengan Aquaflow yang merupakan produk dalam negeri, kami siap support pabrik dan perusahaan dalam negeri untuk menggunakan produk dalam negeri juga, ” tambahnya.

Aquaflow dirancang dengan mengadaptasi konsep back pull out sehingga saat dilakukan perawatan, mesin dapat dibongkar dengan mudah dan cepat. Apabila ingin melakukan penggantian sparepart, tidak harus melakukan pembongkaran total baik pompa maupun pipanya.

Sehingga bisa dibuka dari sambungan depan kemudian bisa dibuka chasing impeller dan selanjutnya secara berurutan, baik secara pemasangan maupun pembongkaran. Konsep back pull out membuat posisi bearing dan impeller dimodifikasi sehingga dianggap sangat friendly user.

Selain itu, terdapar juga beberapa jenis pompa atau alat yg lain yg menjadi keunggulan Victorindo yaitu Up stream terdiri dari Pompa, Valve, Vibrating Screen, Gearbox, Mesin Screw Press, Empy bunch press, ripple mill.

Downstream terdiri dari pompa, valve, mixer, flexible hose , air compressor. Serta Crumb Rubber terdiri dari Mesin mangle, pre breaker, dryer. Dalam peluncuran Aquaflow ini, Victorindo Pratama Mandiri berharap kedepannya semakin bertumbuh, menambah produk-produk dalam negeri serta bermanfaat bagi semua stakeholder.

“Terima kasih kepada semua stakeholder (principal, segenap staf dan manajemen, segenap customer) dengan pengalaman VG selama 20 tahun, dan support dari KSB , manufaktur pompa dengan pengalaman 150 tahun, kami yakin dan percaya pompa Aquaflow yang sudah mulai diproduksi oleh VG sebagai produk local, buatan anak bangsa, dan berstandar mutu internasional, dapat memberikan benefit bagi semua pabrik kelapa sawit (produktivitas, cost efisiensi, devisa Negara ) sehingga dapat menjadi pilihan terbaik bagi anda semua, ” tutupnya.